Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Top 10 Universitas Teknik Dan Teknologi Terbaik Di Dunia

Universitas Teknik dan Teknologi Terbaik Di Dunia- Pendidikan adalah hal yang sangat penting, dan memegang peranan terhadap kemajuan suatu bangsa. Memang pada saat ini kita dapat memperoleh banyak informasi dengan mudah, namun informasi ini tidak dapat dikonversi menjadi ilmu pengetahuan tanpa pendidikan.

Nah, bagi anda yang berminat atau bercita-cita untuk mengambil kuliah dengan subjek teknik dan teknologi, informasi dari QS World University Ranking ini mungkin dapat berguna sebagai referensi mengenai universitas terbaik di dunia di bidang ini.

Peringkat dari perguruan tinggi ini disusun berdasarkan data dari hasil survei QS secara global dan juga menggunakan data dari kutipan penelitian untuk para akademisi dan pengusaha, sehingga lebih objektif.

Daftar Universitas Terbaik Di Dunia Dalam Bidang Teknik Dan Teknologi

Berikut ini adalah 10 universitas terbaik di dunia di bidang teknik dan teknologi di tahun ini:
  1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)
    Selama 4 tahun berturut-turut Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah menjadi universitas terbaik di dunia di bidang teknik dan teknologi. MIT telah berperan besar dalam kemajuan pada era digital, dan juga sebagai pelopor telah mengembangkan pendahulu untuk teknologi modern di bidang jaringan dan komputer. Selain itu, universitas ini banyak sekali melakukan riset-riset penting dalam bidang elektromagnetik dan perubahan iklim dunia.

    MIT
    Massachusetts Institute of Technology (MIT),  Sumber : Wikipedia

    Tidaklah mengherankan, karena MIT merupakan salah satu universitas penelitian terkemuka di dunia, juga terkenal karena program akademisnya yang ketat dalam ilmu pengetahuan serta program beasiswanya yang ditujukan agar para lulusannya mampu untuk memberikan solusi terhadap masalah global.

    MIT memiliki misi untuk mendidik generasi berikutnya di masa depan dalam memimpin rekayasa teknologi, menciptakan pengetahuan baru dan dapat memberikan pelayanan bagi masyarakat.

  2. Stanford University
    Pada posisi ke-dua terdapat Stanford University, yang merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia dan sangat terkenal dengan semangat kewirausahannya, serta memiliki reputasi yang cukup kuat dan bagus diantara sekolah-sekolah teknik top di dunia, karena peran sertanya dalam penelitian yang inovatif di bidang teknik dan teknologi.

    Stanford university
    Stanford University, Sumber : Wikipedia

    Penelitian yang dilakukan ditujukan agar para engineer memiliki kesiapan dalam menghadapi dampak yang signifikan dalam masyarakat untuk menyongsong tantangan perkembangan teknologi di abad ke-21 sehingga dapat memberikan solusi terhadap masalah global yang terjadi.

  3. University of Cambridge
    Universitas di Inggris ini berada dalam posisi tiga besar universitas terbaik di dunia untuk teknik dan teknologi tahun ini. University of Cambridge menjalin kerjasama dengan MIT yang dikenal dengan nama Cambridge–MIT Institute.

    University of Cambridge
    University of Cambridge, Sumber : Wikipedia

    Departemen teknik merupakan departemen terbesar di universitas ini, dan merupakan salah satu pusat rekayasa teknologi di dunia. Terkenal dengan metode pengajaran dan penelitiannya, departemen ini memiliki tujuan untuk mengatasi tantangan yang paling mendesak di dunia dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan cara menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga, institusi, perusahaan serta pengusaha.

  4. National University of Singapore (NUS)
    Posisi keempat ditempati oleh National University of Singapore (NUS). Fakultas teknik didirikan melalui merger antara NUS dengan Nanyang University pada tahun 1980 dan merupakan fakultas terbesar di universitas ini.

    National University of Singapore (NUS)
    NUS, Sumber : Wikipedia

    NUS memiliki sekitar 3000 staf riset dan 21 institut riset tingkat universitas dan pusat di berbagai bidang. Divisi kewirausahaan yaitu NanoSparks, bekerja sama dengan anggota fakultas memiliki tujuan untuk meningkatkan kewirausahaan di NUS dan Singapura secara lebih luas lagi.

  5. ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology)
    ETH Zurich didirikan pada tahun 1854 oleh Swiss Federal Government, di universitas ini, penelitian fundamental dilakukan untuk memperluas ilmu pengetahuan dan menyediakan titik awal untuk aplikasi inovatif di masa depan.

    ETH Zurich
    ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology), Sumber: Wikipedia

    Penelitian difokuskan pada kebutuhan masyarakat, baik itu lokal, nasional ataupun global sehingga dapat memberikan kontribusi berharga pada politik, ekonomi dan masyarakat pada umumnya. Area berfokus pada sistem pangan dunia, kota masa depan, perubahan iklim, energi, kesehatan, penelitian resiko, proses informasi, pengembangan material baru, dan proses industri.

  6. Nanyang Technological University, Singapore (NTU)
    Nanyang Technological University, Singapore
    (NTU) menempati posisi ke enam dari daftar ini. Universitas ini didirikan pada tahun 1991 yang merupakan merger dari dua universitas, dan kini menjadi institusi yang sangat komprehensif, intensif, dan berfokus pada penelitian.

    Nanyang Technological University, Singapore (NTU)
    Nanyang Technological University, Singapore (NTU), Sumber: Wikipedia

    Fakultas teknik juga menjadi fakultas terbesar di universitas ini, dengan populasi siswa undergraduates lebih dari 10,000 dan 3500 graduates  yang berfokus pada inovasi dan teknologi.

  7. Imperial College London
    Imperial College London
    menempati posisi ke tujuh dan merupakan salah satu universitas yang dikenal dalam inovasi di bidang riset dan teknologi dan secara konsisten menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

    Imperial College London
    Imperial College London, Sumber: Wikipedia

    Universitas ini memberikan pendidikan teknik yang luar biasa pada para mahasiswa, dan mereka akan tinggal, bertemu dan bekerja dengan orang-orang yang mempelajari setiap aspek rekayasa teknologi. Fakultas ini merupakan rumah bagi 1,575 staff yang terdiri dari 395 akademisi, lebih dari 800 peneliti dan 365 staf pendukung serta 5,785 siswa (sekitar 1,200 lebih diantaranya adalah mahasiswa riset).

    Fakultas teknik juga menjadi fakultas terbesar di universitas ini, dengan populasi siswa undergraduates lebih dari 10,000 dan 3500 graduates  yang berfokus pada inovasi dan teknologi.

  8. University of California, Berkeley
    Menempati posisi ke delapan dan merupakan peringkat ke-26 secara keseluruhan di dunia, merupakan salah satu universitas yang sangat dihormati dan diklaim memiliki banyak alumni yang telah menjadi peneliti inovatif.

    University of California, Berkeley
    University of California, Berkeley, Sumber: flickr.com

    Universitas ini merupakan tuan rumah untuk para engineer yang memprakarsai elektronika yang menciptakan Silicon Valley, dan orang-orang yang membantu membangun struktur ikonik seperti Hoover Dam dan jembatan Golden Gate. Sampai dengan saat ini, para engineer dari universitas ini terus berkarya mengembangkan inovasi teknologi di seluruh dunia.

  9. University of Oxford
    Menempati posisi ke sembilan dan merupakan universitas tertua di Inggris. Walaupun demikian, universitas ini jauh dari kata ketinggalan zaman.

    Beberapa tahun terakhir ini, universitas ini banyak memberikan investasi untuk berbagai fasilitas baru yang bertujuan untuk menjaga reputasinya sebagai salah satu pemimpin dalam bidang riset di dunia.

    University of Oxford
    University of Oxford, Sumber: Wikipedia

    Pada tahun ini, Oxford menempati posisi ke-6 secara keseluruhan sebagai universitas terbaik di dunia.
    Komunitas "Pertukaran Ilmu Pengetahuan" di universitas ini bertujuan untuk berbagi dampak dari kemajuan riset di seluruh dunia.

  10. Harvard University
    Harvard University saat ini sedang melakukan proses ekspansi kampusnya ke Allston untuk Science and Engineering Complex (SEC), dengan tujuan untuk meningkatkan ruang lingkup pada program teknologi dan ilmu pengetahuan sebagaimana pada School of Engineering and Applied Sciences (SEAS).

    Harvard University, Sumber: Wikipedia

    Anggota fakultas dari SEAS ini banyak memenangkan penghargaan seperti Nobel, MacArthur Award, Guggenheim Fellowship, dan sebagainya.

Demikianlah 10 universitas teknik dan teknologi terbaik di dunia untuk saat ini berdasarkan dari QS World University Ranking.

Peringkat ini sewaktu-waktu dapat berubah. Semoga bisa memberikan manfaat atau referensi bagi anda yang tertarik dengan bidang teknik dan teknologi.

1 comment for "Top 10 Universitas Teknik Dan Teknologi Terbaik Di Dunia"

  1. If you have the ball and you see open space, move
    toward it. You want to bring a defender in toward you, so that the field opens up for
    one of your teammates.

    ReplyDelete