Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Teknologi Star Trek Yang Sudah Menjadi Kenyataan Saat Ini

Teknologi Star Trek - Kemajuan teknologi pada film Star Trek seperti akan tercapai beberapa ratus tahun lagi. Sementara dunia masih menunggu kecanggihan seperti transporter, namun tahukah anda, beberapa teknologi yang digambarkan dalam film tersebut sebagai tayangan futuristik sudah ada saat ini.

Beberapa Teknologi Star Trek Yang Sudah Terwujud

Berikut ini adalah beberapa contoh dari teknologi yang telah diambil dari film fiksi ilmiah tersebut, yang telah ada sejak kemunculan Star Trek pada 50 tahun lalu sampai saat ini.
  1. Teknologi telepon seluler
    Pada tahun 1966, seri dari film ini menayangkan teknologi dalam komunikasi yang disebut dengan komunikator. Benda ini sering dibawa oleh kru pesawat dalam menjalankan misinya.

    Komunikator pada film Star Trek
    Komunikator pada film Star Trek

    Seluruh petugas Starfleet harus membuka penutup komunikator tersebut yang berwarna emas dan berbicara pada perangkat tersebut secara langsung pada para petugas lainnya yang berada pada planet yang sama dengan area berbeda ataupun pada pesawat saat mengorbit.

    Saat ini, kita tidak bisa terpisahkan dari ponsel ataupun smartphone, walaupun semua berawal dari ponsel flip, kemudian terus berkembang menjadi perangkat yang canggih, namun esensinya tetaplah sama, yaitu sebagai alat komunikasi jarak jauh.

    Star Trek sudah menggambarkan teknologi ini sejak dulu.

  2. Penggunaan tablet
    Percaya atau tidak, sejak dahulu di film Star Trek The Next Generation ini semua teknologi ditayangkan dan direkam secara digital, sebagai ide futuristik seperti apa yang kita lakukan saat ini.

    Pada film tersebut, terdapat alat seperi tablet yang digunakan seperti versi PADD (Personal Acces Display Device) tablet, yaitu perangkat yang sering digunakan untuk membaca buku, laporan dan berbagai informasi penting lainnya seperti diagnostik.

    Namun tablet yang digunakan pada film tersebut, fungsinya tidak benar-benar diekspos atau dimaksimalkan. Para karakter hanya menggunakannya untuk melakukan rapat atau perjanjian, jadi hanya seperti memiliki satu fungsi utama saja.

  3. Asesoris seperti Smart watch
    Penggunaan kostum dengan asesoris yang terlihat seperti Apple Watch nampak terlihat di pergelangan tangan para karakternya. Assesoris dan kostum unik ini muncul di Start Trek: The Motion Picture, banyak yang mengatakan kostum yang terlihat dan hampir semuanya dalam film ini nampak buruk.

    Sama seperti pada komunikator, Star Trek bukanlah yang pertama kali muncul dengan ide futuristik seperti ini, komik Dick Tracy muncul dengan ide jam pintar ini terlebih dahulu di tahun 1946. Asesoris seperti smart watch yang digunakan pada film ini berfungsi tidak seperti smart watch yang ada saat ini, hanya mirip saja dan hanyalah bagian dari kehidupan karakternya.

  4. Headset bluetooth
    Dalam film ini, karakter yang bertugas untuk mengatur komunikasi adalah Letnan Nyota Uhura. Dia selalu menggunakan asesoris ditelinganya, walaupun dia menerima banyak informasi pada seluruh frekuensi.

    Letnan Nyota Uhura
    Letnan Nyota Uhura, salah satu karakter dalam Star Trek berkomunikasi
    menggunakan asesoris di telinganya

    Meskipun perangkat ini ternyata hadir di masa depan, namun inspirasi untuk perangkat ini seperti datang dari masa lalu. Operator telepon telah menggunakan headset hands-free untuk beberapa dekade, ketika film itu memulai debutnya pada tahun 1966.

  5. Asisten virtual
    Pada saat itu, kru dari Enterprise dapat secara mudah berbicara ke udara, dan dengan simpel dapat menanyakan berbagai pertanyaan pada komputer, kemudian mereka mendapat jawaban dengan mudah dari komputer, tentunya ini merupakan hal yang sangat luar biasa. Sungguh ide teknologi masa depan yang hebat dari suatu film.

    Ketika episode pertama dari Star Trek ditayangkan, komputer adalah benda yang tidak bisa melakukan banyak hal, bila dibandingkan dengan kemampuan standar komputer saat ini.

    Saat ini, banyak orang memiliki kemampuan seperti ini pada ponselnya dengan menggunakan Apple Siri, atau dirumahnya dengan Amazon Alexa.

  6. Melakukan video call
    Melakukan panggilan pada layar merupakan hal yang luar biasa pada film Star Trek. Sang Kapten dapat melihat anak buah atau sekutunya pada layar seperti panggilan video secara antar muka.

    Dengan teknologi video call, Star Trek telah memberikan gambaran mengenai teknologi yang kini  menjadi kenyataan dan telah diimpikan selama puluhan tahun. Buktinya aplikasi pendukung dari Skype sampai Facetime saat ini telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari.
Itulah beberapa teknologi yang ada di film Star Trek dan sudah menjadi kenyataan saat ini, mungkin saja teknologi lainnya yang ada dalam film tersebut seperti transporter, atau kapal yang melaju seperti dengan kecepatan cahaya dapat terwujud di masa depan, siapa tahu.

Post a Comment for "6 Teknologi Star Trek Yang Sudah Menjadi Kenyataan Saat Ini"